KPU: Perolehan Suara Diumumkan Paling Lambat 6 Hari

Kamis, 13 Mei 2010

SIBOLGA-METRO; Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) 2010 Kota Sibolga yang dilaksanakan pada, Rabu (12/5) telah usai digelar, dan pelaksanaannya berlangsung aman, lancar, dan sukses. Demikian ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sibolga Nazdran SE didampingi anggota KPUD lainnya kepada METRO di kantornya Jalan S Parman Sibolga, Rabu (12/5) sore. Dikatakannya, hasil perhitungan perolehan suara sementara yang sudah dapat diketahui masing-masing tim pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2010-2015 bukanlah angka yang dapat dipastikan sebagai data mutlak.

“Namun yang pasti data yang sebenarnya adalah data yang dikeluarkan oleh KPUD Sibolga. Itupun laporan perolehan suara sementara dapat diumumkan paling lambat enam hari sesudah pengumuman suara dilaksanakan,” ujar Nadzran.

Menurutnya, masing-masing pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang sudah mengetahui hasil perhitungan sementara yang dibuat timnya, supaya dapat mengendalikan massa pendukungnya guna menghindari jangan sempat terjadi bentrok diantara massa pendukung. “Untuk itu saya mengimbau agar masing-masing pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, baik yang mengatakan menang maupun yang mengatakan kalah pada pemilikada Kota Sibolga ini, supaya dapat mengendalikan massa pendukungnya,” imbaunya.

Dikatakannya, Kota Sibolga adalah kota negeri berbilang kaum dan kota perekat antar umat beragama di Pantai Barat Sumatera Utara yang sangat terkenal dengan kekondusipannya.  “Untuk itu saya tegaskan, jangan gara-gara Pemilukada, kota yang kita cintai bersama ini menjadi tidak kondusif. Masyarakat Kota Sibolga semuanya bersaudara. Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga kekondusifan kota ini,” ajak Nadzran.

Pantauan METRO di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemungutan suara berjalan lancar, aman, dan sukses.

Selain itu, masyarakat tampak antusias datang ke TPS-TPS untuk memberikan hak suaranya. Di beberapa TPS terlihat tidak sempat terjadi antrian, namun di beberapa sebagian TPS lainnya sempat terlihat antri menunggu giliran.

Selain pengamanan dari PAM Pemilukada, pihak keamanan baik dari Kepolisian Polresta Sibolga, TNI, Linmas tampak aktif berjaga-jaga di setiap TPS mulai pagi hari sejak dilaksanakannya pencoblosan hingga usai perhitungan suara tampak berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Berlangsung Satu Putaran

Ketua KPUD Sibolga Nadzran SE menjawab sejumlah wartawan memastikan Pemilukada Kota Sibolga akan berlangsung satu putaran saja apabila perolehan suara calon berada di atas 30 persen dari jumlah suara sah.

Tetapi pihaknya hingga saat ini belum dapat memastikan pasangan calon yang unggul dalam perolehan suara tersebut lantaran belum ada laporan yang masuk. “Pengumuman hasil perhitungan suara akan dilaksanakan sesuai jadwal, namun saat ini perhitungan suara masih dilakukan di tingkat PPK,” jawabnya singkat.

http://metrosiantar.com/index2.php?option=com_content&task=view&id=34762&pop=1&page=0&Itemid=49

About these ads
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: