Ganja Aceh Masuk Sibolga Lewat Manduamas

Sabtu, 15 September, 2012
SIBOLGA – Personel Polres Sibolga melalui tim Satuan Narkoba (Satnarkoba) berhasil membekuk 3 pengedar narkoba jenis ganja. Ketiganya ditangkap petugas hari Kamis (13/9) kemarin dari tempat dan waktu yang berbeda. Ganja tersebut diperoleh pelaku dari seorang warga Aceh dalam satu transaksi di daerah Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapteng yang merupakan daerah perbatasan dengan Aceh. Kapolres Sibolga, AKBP Joas Feriko Panjaitan SiK Melalui Kasubbag Humas Aiptu Ramadhansyah Sormin SAg kepada METRO, Jumat (14/9) menjelaskan, penangkapan ketiga tersangka berawal dari tertangkapnya tersangka Nazlul Rahmat (28), warga Jalan SM Raja, Gang Sihopo-Hopo, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan.

“Nazlul yang bekerja sebagai penarik becak mesin bermotor itu ditangkap di Jalan Sutomo di kawasan Lapangan Simare-Mare sekira pukul 16.00 WIB. Saat digeledah, dari bawah bangku becak tersangka petugas menemukan barang bukti daun ganja sekira 10 ons yang dibungkus plastik hitam dan dilapisi lakban kuning,” tutur Ramadhansyah.

Setelah diinterogasi, sambung Ramadhansyah, Nazlul mengaku kalau barang haram itu didapatkannya dari tersangka Herman alias Man (35) warga Jalan Sibolga-Padangsidimpuan simpang Kantor BKKBN Sibolga dan barang itu diambilnya bersama seorang lagi temannya yakni Edi Sofyan (35) warga Jalan SM Raja, Gang Kenanga, Kelurahan Aek Parombunan yang bekerja di salah satu tangkahan di Jalan Mojopahit Kota Sibolga.

“Petugas pun akhirnya menangkap tersangka Edi Sofyan saat berada di tangkahan dimaksud sekira pukul 17.00 WIB. Edi langsung diamankan ke Mapolres Sibolga. Kemudian, pada pukul 19.00 WIB masih dihari yang sama petugas menangkap tersangka Herman di rumahnya di Sibuluan,” terang Ramadhansyah.

Saat menangkap Herman, lanjut Ramadhansyah, petugas juga mengamankan barang bukti daun ganja kering yang dibungkus plastik hitam yang beratnya mencapai 3 kilogram dalam tas hitam di dalam kamarnya. “Selanjutnya tersangka Herman bersama barang bukti diamankan di Mapolres Sibolga untuk pengembangan kasus. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal114 ayat 1 dan ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara sedikitnya 6 tahun, paling lama 20 tahun atau dan bisa seumur hidup,” tandasnya lantas menambahkan turut diamankan becak bermotor BB 4475 NK yang dibawa Nazlul dan betor BB 4102 NG yang dipakai Edi.

Sementara, tersangka Herman alias Man (35) kepada METRO mengaku, daun ganja itu didapatnya dari salah seorang temannya di Kecamatan Simpang Kiri, Aceh. “Daun ganja itu kudapat dari temanku berinisial NSR yang mengantarkannya ke Manduamas, Tapteng atau tepatnya di daerah perbatasan. Ganja itu kuterima hari Rabu (12/9) sekira pukul 11.00 Wib dan jaminannya 1 unit sepeda motor Yamaha Force One ku yang tinggal di kampungku di Desa Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh. Karena kampung orang tuaku memang disana,” tutur nelayan 3 anak ini.

Menurut Herman, awalnya ia ditawari NSR untuk membawa 10 kg daun ganja, namun ditolaknya dengan alasan dirinya tidak mempunyai uang untuk membayar daun ganja itu. “Apalagi maksudku hanya membantu Nsr untuk menjual daun ganja itu. Setelah ganja ditanganku, akupun berangka ke Sibolga dan tiba malam harinya, tapi aku tak pulang ke rumah dan nginap di rumah kawan di Kalangan. Besoknyalah aku baru pulang ke rumahku di Sibuluan,” ujarnya.

Keesokan harinya, sambung Herman, sekira pukul 10.00 WIB ia pulang kerumah dan meletakkan tas hitam berisi daun ganja itu di kamar dekat tempat tidurnya. “Tak lama Edi nelfon aku menanyakan barang, namun kujawab tak ada. Namun sepanjang hari itu Edi bolak-balik menghubungi aku menanyakan hal yang sama dan akhirnya kuakui barang itu ada dan sekira pukul 14.30 Wib, Edi dan Nazlul datang dengan mengendarai becak. Akupun memberikan daun ganja itu sebanyak 1 kg kepada mereka dengan harga 1,6 juta, lalu pada malam harinya aku ditangkap polisi dari rumah,” tandas pria yang mengaku nelayan ini.

Sumber: http://www.metrosiantar.com/2012/ganja-aceh-masuk-sibolga-lewat-manduamas/

Komentar tulisan or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: