Jadi Perbincangan Hangat di Pemkab Tapteng – Bupati dan Wakilnya Diisukan Pecah Kongsi

Monday, 28 December 2009 11:37

Isu perpecahan merebak di pucuk pimpinan Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng). Retaknya pasangan Bupati Tapteng Tuani Lumbantobing dengan wakilnya H M Armand Efendi Pohan jadi perbincangan masyarakat setempat.

Kabar miring tentang ketidakharmonisan antara Tuani Lumbantobing dan H Muhammad Armand Efendi Pohan ini disebut-sebut mulai mencuat sebelum pemberangkatan jemaah haji Kabupaten Tapteng, kemudian semakin memanas ketika ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapteng, Ny Dina Riama Br Samosir yang merupakan istri Bupati Tapteng, Tuani Lumbantobing dikatakan akan maju mencalonkan diri menjadi Bupati Tapteng periode 2011-2016.

Saat ini, ketidakakuran antara Tuani Lumbantobing dan H Muhammad Armand Efendi Pohan ini tidak menjadi rahasia umum lagi di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng.

Sebab perpecahan antara kedua pimpinan di Pemkab Tapteng itu sudah menjadi perbincangan hangat setiap harinya bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di kantor Bupati Tapteng di Pandan.

“Secara politik, bupati dan wakilnya saat ini tidak akur lagi. Namun, bila ada acara seremonial mereka berdua tidak terlalu menampakkan ketidakakuran itu,” ujar salah seorang PNS di Tapteng yang enggan namanya dituliskan kepada Global di Kantor Bupati Tapteng, Rabu (23/12) lalu.

Dibeberkannya, awal perseteruan antara Tuani Lumbantobing dan H Muhammad Armand Efendi Pohan mulai mencuat pada awal September atau sebelum pemberangkatan haji Tapteng ke tanah suci Mekah.

Ketika itu, banyak spanduk dan baliho ucapan selamat lengkap dengan pakai gambar ditujukan kepada para haji yang akan berangkat ketanah suci dari Wakil Bupati Tapteng, H Muhammad Armand Efendi Pohan bersama istrinya Ny Julia Efendi Br Siregar.

“Mungkin karena dalam spanduk dan baliho Wakil Bupati tersebut tak menyertakan gambar Bupati, maka Tuani Lumbantobing menjadi sedikit kesal kepada H Muhammad Armand Efendi Pohan,” katanya.

Merasa tersinggung dan tak mau ketinggalan, Tuani Lumbantobing pun meniru gaya H Muhammad Armand Efendi Pohan dengan membuat spanduk dan baliho yang lebih besar lagi. Setiap ada kegiatan seremonial, spanduk dan baliho Tuani Lumbantobing bersama istrinya Ny Dina Riama Br Samosir selalu tampil tanpa menyertakan Wakilnya H Muhammad Armand Efendi Pohan.

Ironisnya, apa yang dijanjikan, Bupati Tapteng, Tuani Lumbantobing selama ini kepada H Muhammad Armand Efendi Pohan akan menjadi penerus program Tapanuli Growt ke depannya dan hal itu selalu disampaikannya kepada masyarakat luas menjadi kandas. Sebab dengan nyata-nyata Tuani Lumbantobing mulai mendukung istrinya untuk maju menjadi calon Bupati Tapteng periode 2011-2016.

Bukan hanya itu saja, berbagai dukungan dari PNS sendiri mulai berkumandang dan tim sukses untuk pemenangan Ny Dina Riama Br Samosir mulai terbentuk seperti di Kecamatan Barus baru – baru ini, para tokoh – tokoh masyarakat sengaja dikumpulkan untuk menyatukan tekad memberikan dukungan kepada Ny Dina Riama Br Samosir.

Berbeda dengan pendapat beberapa masyarakat Kabupaten Tapteng saat dimintai tanggapannya tentang ketidakakuran Bupati Tapteng, Tuani Lumbantobing dengan Wakilnya, H Muhammad Armand Efendi Pohan ini.

Menurut mereka, dengan adanya ketidakharmonisan di kedua pimpinan Pemkab Tapteng ini, maka dikhawatirkan program yang dijanjikan kepada masyarakat selama ini tidak akan terwujud lagi.

“Saya sangat yakin, apa yang dielu – elukan dan dijanjikan mereka pada saat kampanye dahulu kepada masyarakat tidak akan terwujud. Sebab mereka berdua sudah berlainan pandangan. Artinya, mereka berdua tidak bisa sepaham lagi dalam membangun Kabupaten Tapteng ini, yang rugi tentunya masyarakat juga,” tandas Marolop Sianipar (41) warga Kecamatan Pandan yang mengaku sehari-harinya berjualan sembako di Pasar Pandan.

http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=28059%3Ajadi-perbincangan-hangat-di-pemkab-tapteng-bupati-dan-wakilnya-diisukan-pecah-kongsi&Itemid=101

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: