Bulog Sibolga Mulai Distribusikan Raskin 33.668 RTM untuk Wilayah Tapteng, Sibolga 4270

Pandan, (Analisa)

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sibolga mulai mendistribusikan beras miskin (raskin) terhitung Januari-Februari 2010 kepada 33.668 rumah tangga miskin (RTM) di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah dan 4270 RTM untuk Kota Sibolga.

“Pendistribusian pertama kita lakukan, Selasa (2/1) lalu untuk wilayah Kecamatan Pandan sebanyak 114.360 kilogram (Kg) dan Sibabangun 39.120 Kg. Hari ini, (Rabu (3/2)) pendistribusian raskin kembali kita lanjutkan untuk wilayah Kecamatan Manduamas sebanyak 60.270 Kg dan Kecamatan Tukka dengan jumlah raskin sebanyak 35.310 Kg.

Namun, wilayah Sibolga belum dapat kita laksanakan, akibat data penerima raskin di daerah Sibolga mengalami perubahan,” kata Kasi Logistik Bulog Sibolga, Maidana Aulia Siregar ditemui di ruangannya, Rabu (3/2).

Maidana berharap, seluruh raskin yang akan didistribusikan terhitung untuk alokasi dua bulan sejak Januari-Februari 2010 bagi RTM di wilayah Tapteng dan Sibolga dapat segera dirampungkan paling lambat tiga pekan ke depan, apalagi saat ini terjadi gejolak harga di tengah masyarakat dan mudah–mudahan melalui pendistribusian itu gejolak tersebut dapat meredam situasi.

Pendistribusiannya raskin ke titik distribusi, kata dia, sejauh ini masih lancar bahkan persediaan (stok) raskin di gudang Bulog masih mencukupi dan aman hingga delapan bulan ke depan untuk disalurkan ke seluruh RTM termasuk RTM yang ada di daerah Nias, Nias Selatan, hingga Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). “Stok raskin yang tersimpan di gudang Bulog Sibolga saat ini mencapai 4000-an ton,”ujarnya.

Maidana menambahkan, selama dua bulan masing–masing RTM akan menerima raskin sebanyak 30 Kg, atau setiap bulannya masing–masing RTM menerima 15 Kg raskin. “Kecuali Oktober-Desember, raskin yang akan diterima setiap RTM mengalami penambahan sebesar 6 Kg menjadi 21 Kg setiap bulan. Jumlah raskin yang diterima masing-masing RTM pada tahun ini mengalami penambahan sebesar 2 Kg dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menerima 13 Kg raskin per bulan sepanjang 1 tahun,” tuturnya.

Hal ini terjadi setelah Gubernur Sumatera Utara menerbitkan surat keputusan nomor: 188.44/09/KPTS/2009 tertanggal 8 Januari 2010 tentang pagu beras RTM kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Khairul Anwar Sitompul, staf Bulog Sibolga yang mendistribusikan raskin membenarkan bahwa pendistribusian raskin sudah mulai dilaksanakan dan berjalan lancar dan mudah–mudahan seluruhnya dapat dirampungkan bulan ini untuk seluruh RTM di Kota Sibolga dan Tapteng.

Tunggak Raskin

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah pada penyaluran raskin Desember 2009 ternyata masih memiliki tunggakan kepada pihak Bulog Sibolga sebesar Rp288.025.360 dan sesuai hasil data rekening koran terhitung hingga 31 Januari 2010 lalu, tunggakan tersebut belum terbayarkan.

“Namun saya belum tahu pasti, apakah hutang itu sudah dibayar pada bulan ini atau belum. Nanti coba saya periksa kembali,” sebut Maidana Aulia Siregar sembari menyebutkan tunggakan pembayaran tersebut terjadi di tingkat kecamatan dan hal ini akan dikoordinasikan bersama Pemkab Tapteng.

Rinto Alwi Simamora, assiten III bidang perekonomian dan pembangunan Pemkab Tapteng mengaku, adanya hutang tersebut dan untuk sementara ini pihaknya akan menunda penerimaan raskin ke kecamatan yang bermasalah.

http://www.analisadaily.com

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: