Pemkab Tapteng Dapat Kucuran Rp27,2 Miliar

Selasa, 23 Maret 2010

PANDAN-METRO; Pemkab Tapteng mendapat kucuran dana sebesar Rp27,2 miliar. Dana yang dialokasikan dari ABPD Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2010, itu akan dipergunakan untuk beasiswa murid kurang mampu, kesejahteraan guru, pengadaan obat-obatan bagi kesehatan masyarakat, pembangunan desa tertinggal, pembangunan gred pemecah ombak dan lanjutan pembangunan Asrama Haji.

Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Sumut Ir H Riadil Akhir Lubis MSi, dalam acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Tapteng tahun 2010, di Hotel Bumi Asih Pandan, Senin (22/3). Dia mengatakan, dana sebesar itu dialokasikan melalui bantuan bagi hasil pajak sebesar Rp18.071.909.906 dan bantuan keuangan kepada Pemkab Tapteng sebesar Rp9.176.900.000.

Masih dari acara yang dihadiri Forum Kerjasama Pembangunan Antar Daerah (Lintas Wilayah) itu, Kepala Bappeda Riadil Akhir Lubis menegaskan bahwa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) setiap tahun harus diselenggarakan Musrembang baik tingkat pusat maupun daerah sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2005 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) yang dijabarkan dalam PP Nomor 40 Tahun 2006, PP Nomor 8 Tahun 2008.

Dia juga menyampaikan bahwa kondisi makro ekonomi Sumut tahun 2009, secara umum melambat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu tergambar dalam laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Sumut atas dasar harga konstan tahun 2000 menurut sektor lapangan usaha berkisar 5,07 persen. Ia mengatakan, angka tersebut lebih rendah dari tahun 2008 yang berkisar 6,36 persen.

Namun, kata Kepala Bappeda Riadil Akhir Lubis, pertumbuhan tersebut masih lebih tinggi dari angka pertumbuhan nasional pada periode yang sama sebesar 4,50 persen. Demikian pula dengan angka inflansi sebesar 2,61 persen, masih di bawah nasional sebesar 2,78 persen. Di mana keberhasilan dalam pencapaian kinerja ekonomi yang cukup menggembirakan tersebut tidak terlepas dari kerja keras bersama pada tahun yang lalu. “Perencanaan pembangunan untuk tahun anggaran 2011, persiapannya sudah dimulai dari proses Musrenbang yang merupakan bagian integral dari perencanaan pembangunan Provinsi Sumut. Musrembang berfungsi sebagai media pengkoordinasian setiap program atau kegiatan yang akan diaplikasikan dalam RAPBD Kabupaten Tapteng 2011,” terang Riadil Akhir Lubis.

Ia menambahkan, pada tahun 2011 Pemprovsu berkomitmen mendukung program pembangunan sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJM daerah, yakni mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa, mewujudkan masyarakat yang tidak lapar, mewujudkan masyarakat yang tidak bodoh, mewujudkan masyarakat yang tidak sakit dan meningkatkan masyarakat yang punya masa depan.

Bupati Tapteng Drs Tuani Lumbantobing MSi, diwakili Sekda Kabupaten Tapteng Baharuddin Manik SE, dalam pertemuan itu menyampaikan agar seluruh pemangku kepentingan benar-benar mengikuti pelaksanaan Musrembang dengan harapan menghasilkan kesepakatan program demi kemajuan pembangunan di Tapteng.

Ketua DPRD Tapteng Sintong Gultom, menambahkan kepada para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mengedepankan kepentingan masyarakat dan mendukung kelancaran perekonomian, kesehatan, pendidikan seperti perbaikan jalan, sekolah dan prasarana kesehatan.

Sebelumnya, Ir Remus H Pardede MSi, Kepala Bappeda Pemkab Tapteng dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Musrembang Kabupaten Tapteng untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan. “Selain itu, masukan untuk Pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, serta rancangan alokasi dana Desa termasuk dalam pemutakhiran dan mendapat rincian rancanangan awal RKA SKPD, khususnya yang berhubungan dengan pembangunan,” jelas Remus Pardede.

Dikutip dari http://metrosiantar.com

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: