Lagi, Petugas Lapas Sibolga Pergoki Napi Pakai Sabu-sabu

Tapanuli Tengah, (Analisa)

Petugas Lapas kelas II/A Sibolga kembali pergoki narapidana (napi) gunakan narkotika jenis sabu-sabu di dalam sel, Kamis (25/3) sekira pukul 10.00 WIB.

Penggrebekan ini, sekian kalinya berhasil dilakukan petugas Lapas Sibolga, kendati peredaran narkotika di lingkungan lembaga pembinaan pemasyarakatan itu tetap marak terjadi.

Kurang intensifnya pengamanan terhadap tamu dan indikasi ‘main mata’ dengan oknum petugas Lapas sendiri menjadi barometer permasalahan peredaran narkoba di Lapas Sibolga tersebut.

Menurut sumber di Lapas Sibolga yang enggan disebutkan namanya kepada Analisa menyatakan, pihaknya ketika itu beberapa kali melihat salah seorang napi berglagat mencurigakan, sesekali masuk ke kamar mandi kemudian keluar kembali.

“Saat itu kita sedang piket jaga, salah seorang Napi berinisial RS keluar-masuk kamar mandi terus menerus, kita pun curiga melihat glagatnya. Saat diperiksa ke dalam ternyata benar, RS kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu-sabu,” ujarnya.

Awalnya, lanjut petugas tadi, RS tak mengaku bahwa dirinya baru saja mengisap sabu-sabu, namun kita sangat mencurigainya akibat Bong (alat pengisap sabu) terdapat di pinggir kloset kamar mandi.

“Setelah kita gledah seluruh isi kamar mandi beserta tubuh RS, akhirnya kita menemukan sisa paket sabu-sabu yang baru saja digunakan RS di dalam keranjang sampah bercampur dengan kapas kasur.

Ditemukanya barang bukti itu, RS pun akhirnya mengakui perbuatannya,” rinci sumber tadi.

Kemudian, petugas piket jaga Lapas Sibolga tak mau kehilangan akal untuk pembuktian lebih detail, seluruh isi ruangan sel pun digledah. Hasilnya, petugas Lapas kembali menemukan beberapa pipet, botol bong dan timah di dalam kasur.

Ditanya apakah ada napi lain yang terlibat menggunakan sabu-sabu tersebut ketika itu, sumber di Lapas Sibolga itu tak dapat memastikannya.

“Kita belum bisa memastikan apakah napi lainnya terlibat, sebab harus dilakukan tes urine lebih dulu. Dan kita hanya sebatas mengamankan yang tertangkap tangan. Kalau pengembangannya sudah diserahkan kepada pihak kepolisian,” tuturnya.

Pantauan Analisa di Lapas Sibolga, tim satuan narkoba Polres Tapteng dipimpin Kasat Narkoba, AKP K Nababan masih mengidentifikasi tempat kejadian perkara.

Sejumlah pengunjung Lapas Sibolga pun tak diizinkan membesuk. Petugas Lapas tampak berjaga-jaga ekstra di depan pintu masuk Lapas Sibolga.

Kapolres Tapteng AKBP Dicky Patrianegara, SH, SIk dikonfirmasi Analisa melalui Kasat Narkoba Polres Tapteng, AKP K Nababan via ponselnya membenarkan adanya penangkapan napi menggunakan sabu-sabu di dalam sel oleh petugas Lapas Sibolga.

“Namun, kita belum dapat menyimpulkannya karena kita masih melakukan olah TKP dan pengembangan asal muasal barang haram tersebut. Tapi, kalau sudah final, kita segera memberitahukannya,” singkat AKP K Nababan.

Dikutip dari http://www.analisadaily.com

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: