Jalan ke Terminal Baru Amblas

Kamis, 15 April 2010

TAPTENG-METRO; Jalan Aek Horsik menuju Terminal Baru di Kecamatan Pandan (bukan Kecamatan Tukka, red), Tapanuli Tengah (Tapteng), amblas. Kualitas jalan yang dinilai buruk itu adalah salah satu deretan yang jadi alasan para sopir mobil penumpang (mopen) menolak melintasi rute jalan tersebut.

“Sebelumnya, ada juga beberapa titik lokasi tak jauh dari badan jalan yang ambruk (amblas, red) itu telah amblas namun segera diperbaiki. Sementara badan jalan yang amblas ini lebih kurang sepanjang 6 meter dan tak layak dilintasi kendaraan,” ujar Doloksaribu.

Menurut Doloksaribu, amblasnya jalan itu menunjukkan bahwa kualitas pengaspalan jalan tidak layak pakai. Meski secara teknis Doloksaribu tak menguasai namun dugaan penyebab jalan itu amblas adalah akibat kurangnya survei terhadap struktur tanah dan pondasi yang tidak kuat. Dugaan itu bukan tidak beralasan sebab hingga kini jalan tersebut belum sepenuhnya dilalui kendaraan, namun sudah amblas,” sebut Doloksaribu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Pemkab Tapteng O Sipahutar, ketika hendak dimintai keterangannya, enggan berkomentar lebih lanjut. “Ketika badan jalan tersebut direncanakan dan dibangun, saya belum menjabat sebagai Kadis PU. Yang mengetahuinya Kabid Bina Marga, N Pintubatu,” kilah Sipahutar ketika ditemui di kantornya.

Sementara, Kabid Binamarga N Pintubatu yang ditanyai METRO tentang perencanaan pembangunan pengaspalan jalan tersebut mengakui bahwa tekstur tanah di lokasi jalan yang amblas itu kurang kuat. “Kami telah mengetahui badan jalan yang ambruk itu. Nanti pada APBD Tahun Anggaran 2010, jalan tersebut diperbaiki,” kata Pintubatu.

Pintubatu menerangkan bahwa tepat di lokasi jalan yang amblas itu terdapat mata air, sehingga badan jalannya ambruk. Ketika ditanya apakah saat melakukan survei tidak ditemukan mata air itu, Pintubatu menolak berkomentar. “Maaf ya, kami sedang banyak kerja,” elak Pintubatu.

 

http://metrosiantar.com/index2.php?option=com_content&task=view&id=33275&pop=1&page=0&Itemid=45

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: