DPRD Sumut Dukung Provinsi Sumatera Tenggara

Medan, 15/4 (ANTARA) – DPRD Sumatera Utara (Sumut) menyatakan mendukung penuh rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dan selanjutnya akan membentuk panitia khusus yang bertugas membahas usulan tersebut.

Dukungan itu disampaikan sejumlah anggota DPRD Sumut ketika bertemu Panitia Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di gedung DPRD Sumut di Medan, Rabu.

Pertemuan itu sendiri dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumut Chaidir Ritonga dan Kamaluddin Harahap dan dihadiri sejumlah Panitia Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara serta tokoh dan pemuka masyarakat Tapanuli bagian selatan.

Sejumlah anggota Komisi A DPRD Sumut yang hadir pada pertemuan itu juga menyatakan dukungan atas rencana pembentukan provinsi baru tersebut.

Anggota Komisi A DPRD Sumut Marasal Hutasoit yang selama ini dikenal sebagai pendukung pembentukan Provinsi Tapanuli juga mendukung pembentukan provinsi ini.

Dia mengapresiasi penjelasan panitia bahwa pembentukan provinsi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dia pun yakin, pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara tidak didasari semangat sektarian, seperti kesukuan agama dan sebagainya.

“Jadi kami harapkan pimpinan segera merespon ini dengan membentuk pansus. Kalau menurut saya, dalam dua bulan ini sudah bisa selesai,” kata politisi Partai Damai Sejahtera ini.

Provinsi Sumatera Tenggara itu sendiri direncanakan meliputi lima kabupaten/kota yang selama ini berada di wilayah Provinsi Sumut. Kelimanya masing-masing Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara.

Dukungan atas pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara juga disampaikan Sekretaris Komisi A DPRD Sumut Nurul Azhar Lubis. Ia juga meminta pimpinan DPRD Sumut segera membahas masalah itu. “Komisi A sepakat membahas masalah ini, tidak ada masalah,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sumut Kamaluddin Harahap dan Chaidir Ritonga juga sepakat dengan usulan para anggota Dewan. Menurut Kamaluddin, rencana pembahasan yang dilakukan DPRD Sumut hanya melanjutkan aspirasi yang masuk ke DPRD periode lalu.

Tokoh masyarakat Tapsel yang juga penasihat Panitia Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, Chairuman Harahap berterima kasih atas apresiasi positif DPRD Sumut dalam menanggapi usulan pembentukan provinsi baru tersebut.

Dia menegaskan, rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara murni didasari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama yang tinggal di kawasan Tapanuli bagian selatan. Salah satu caranya, menurut dia, adalah mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, sehingga rentang kendali pelayanan semakin dekat. “Inilah keinginan politik masyarakat Tapanuli Selatan,” kata anggota Komisi III DPRD itu.

 

Sumber: http://www.antarasumut.com

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: