Sibolga Butuh Cold Storage, Jamin Stabilisasi Harga Ikan

Rabu, 28 April 2010

SIBOLGA-METRO; Kota Sibolga termasuk salah satu daerah memiliki potensi perikanan laut yang punya hasil tangkapan ikan banyak. Maka perlu dibangun Cold Storage atau gudang penampungan dan penyimpanan ikan segar berstandar Internasional. Ide membangun Cold Storage seperti rekomendasi Tim Pengendali Inflasi Bank Indonesia (BI) Sibolga itu diyakini dapat menjaga stabilitas harga ikan di Kota Sibolga.

Dalam rekomendasi yang disusun Tim Pengendalian Inflasi Kota Sibolga terdiri dari Tim Ahli Ketua Pemimpin BI Sibolga, Wakil Tim Ahli Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemko Sibolga, Narasumber Tim Ahli Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sibolga, disebutkan bahwa pada saat hasil tangkapan ikan banyak, kecenderungan mengakibatkan harga ikan turun. Sedangkan pada saat hasil tangkapan minim, harga ikan bisa mahal.

Beranjak dari situasi itu, Tim Pengendalian Inflasi Kota Sibolga berkesimpulan bahwa sangat diperlukan Cold Storage sebagai tempat penyimpanan ikan. Dengan begitu dapat menjaga stabilitas harga ikan yang juga dapat menguntungkan para nelayan.

Selain itu juga, dengan adanya Cold Storage yang dimiliki dan diusahai Pemko Sibolga, tentu akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus menambah lapangan kerja dan dampak positif ekonomi lainnya.

Namun, rencana mendirikan Cold Storage yang direkomendasikan oleh tim yang dibentuk sesuai SK Wali Kota Sibolga Nomor:900/69/2010 itu, hingga kini belum terealisasi.

Pada pertemuan antara Tim Pengendali Inflasi dengan Pemko Sibolga yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Bank Indonesia Sibolga, Selasa (27/4), terungkap bahwa Pemko Sibolga sendiri belum siap.

Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemko Sibolga Drs  M Sugeng, mewakili Wali Kota Sibolga mengaku tak mengetahui banyak tentang adanya rekomendasi Tim Pengendali Inflasi Daerah Sibolga itu sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi di Kota Sibolga. Ia justru mengatakan bahwa Pemko Sibolga tak berwenang untuk membangun Cold Storage. “Namun demikian untuk lebih jelasnya, silahkan saja tanya kepada Kadis Pengelola Keuangan dan Aset Pak Soritua Hasibuan,” kata Asisten II Ekonomi dan Pembangunan.

Menanggapi pernyataan Asisten Ekonomi Pembangunan itu, Kadis Pengelola Keuangan menjelaskan bahwa wacana tentang pembangunan Cold Storage telah ada sejak lima tahun yang lalu. “Sesungguhnya saat ini ada ketentuan dan peraturan yang memperbolehkan Pemko Sibolga untuk mengelola Badan Usaha seperti Perusahaan Cold Strage yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Seperti halnya adanya Badan Pelayanan yang telah ada seperti RSU,” kata Kadis Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sibolga berusaha mengklarifikasi.

Dia juga mengatakan bahwa pada APBD tahun ini, realisasi tentang pembangunan Cold Storage tersebut belum ada dialokasikan. “Mungkin yang lebih berwenang dan lebih mengetahui hal itu Kadis Kelautan dan Perikanan,” kilah Kadis Pengelola Keuangan dan Aset daerah Soritua Hasibuan.

Sementara Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Sibolga Hendra Darmayulis juga mengakui bahwa dirinya telah berulang kali mengusulkan pembangunan Cold Storage. Hal itu katanya sesuai potensi daerah Kota Sibolga yang lebih banyak kontribusinya dari sektor perikanan laut, khususnya hasil tangkapan. “Hanya saja, selama ini yang menjadi kendala adalah lokasi pembangunan Cold Storage yang belum ada, mengingat lahan di Kota Sibolga yang sempit dan belum ada dianggap yang layak dan strategis untuk pembangunannya,” ujar Hendra Darmayulis.

Begitupun, lanjut dia, pada RAPBD 2011, rencana ini akan direalisasikan, karena memang sangat potensil untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga sebagai salah satu pengendalian inflasi.

 

http://metrosiantar.com/index2.php?option=com_content&task=view&id=33913&pop=1&page=0&Itemid=49

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: