Bawaslu: Pemilukada Sibolga Luber & Jurdil

Jumat, 14 Mei 2010

SIBOLGA–METRO; Tim Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menyebutkan, pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) di Sibolga pada Rabu (12/5), digelar langsung, umum, bebas, rahasia (luber), serta jujur dan adil (jurdil). Pelaksanaannya sudah sesuai harapan.

“Saat pelaksanaan pemilihan berlangsung, kita turut serta melakukan pemantauan secara langsung di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Sibolga. Hasilnya, kita melihat bahwa pelaksanaan Pemilukada berlajan dengan baik, jujur, adil dan rahasia sesuai dengan yang kita inginkan bersama,” ujar Drs Zakaria Tahir MSP, Staf Ahli Bawaslu RI didampingi Ketua Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada) Kota Sibolga Sofyan Shauri Nasution SE, kepada METRO, di kantor Panwaslukada Sibolga Jalan Buchari Koto, Kamis (13/5) .

Zakaria Tahir mengatakan, selain pemantauan di sejumlah TPS, tim Bawaslu RI dan Panwaslukada Sibolga juga melakukan pemeriksaan terhadap kotak suara yang tersimpan di kantor kecamatan guna memastikan tidak adanya kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu. “Saat itu, kita hanya dapat melakukan pemeriksaan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sibolga Kota dan Sibolga Utara. Dari hasil pengawasan saat itu, kita melihat kotak suara memang tersegel dengan baik,” sebut Zakaria Tahir seraya menambahakan pihaknya tidak dapat melakukan pemeriksaan terhadap kotak suara di Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Selatan berhubung kedua kantor itu telah terkunci rapat dan dikelilingi police line (garis polisi) serta dijaga ketat petugas Kepolisian.

Menurut Zakaria Tahir, petugas Kepolisian yang berjaga di kedua kantor kecamatan itu juga memastikan kotak suara dapat terjaga dengan baik dan siapa pun tidak diperbolehkan masuk bahkan melewati police line pun tidak diizinkan. “Maka, mendengar penjelasan dari pihak keamanan tersebut, kamipun dapat yakin bahwa kotak suara tersebut aman dan terjaga dengan baik. Sebab pengamanan yang dilakukan sangat ketat sekali,” katanya.

Ketua Panwaslukada Kota Sibolga Sofyan Shauri Nasution SE, didampingi anggota Asa Dame Simanjuntak dan Ernida Rahmi Tanjung SAg, serta anggota Panwaslukada kecamatan se-Kota Sibolga menjelaskan, kehadiran Bawaslu RI ke Kota Sibolga untuk mengawasi dan melihat langsung pelaksanaan Pemilukada Kota Sibolga. Kedatangan tim Bawaslu menandakan bahwa peran aktif Bawaslu RI tidak hanya mendengar langsung dari bawahannya yang ada di daerah. “Dalam pelaksanaan Pemilukada Kota Sibolga ini, bukan hanya Panwaslukada yang melakukan pengawasan. Namun Bawaslu RI dari Jakarta turut serta datang langsung ke Sibolga guna melakukan pengawasan bersama-sama dengan Panwaslukada Sibolga,” katanya.

Menurut Sofyan Shauri Nasution, Bawaslu RI bukan hanya melakukan pemantauan di Kota Sibolga saja. Namun anggota Bawaslu lainnya turut serta melakukan pemantauan dan pengawasan di 9 kabupaten/kota yang melakukan Pemilukada di Sumatera Utara pada tanggal 12 Mei 2010.

 

http://metrosiantar.com/index2.php?option=com_content&task=view&id=34868&pop=1&page=0&Itemid=49

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: