14 Pembangkit Listrik Sumut Dibangun

Selasa, 18 Mei 2010

MEDAN-METRO; Upaya mengakhiri Krisis listrik di Sumatra Utara terus dilakukan. Selain menambah pembangkit kapasitas besar, sebanyak 14 pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) sedang dibangun. Direktur Operasi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan, Senin (17/5), mengatakan, dari 14 PLTMH itu sebanyak 5 unit berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). “Total daya yang dapat dihasilkan 14 minihidro itu diperkirakan berkisar 112 megawatt (Mw),” ujar Harry.

Menurut dia, pembangunan minihidro itu akan mempercepat pemenuhan kebutuhan energi listrik di Sumut yang pertumbuhannya mencapai 9,5-11 persen per tahun di tengah kemampuan PLN secara nasional yang hanya 4-4,5 persen per tahun. Untuk mendukung langkah perusahaan swasta membangun PLTMH itu, manajemen PLN membangun transmisi dan gardu induk untuk menampung daya yang dihasilkan sekitar 14 minihidro yang dinilai berpotensi dibangun di Sumatra Utara. “PLN mendukung swasta membangun minihidro dengan membangun transmisi dan gardu induk. Langkah PLN itu untuk mendukung penuh penyediaan energi listrik di Sumut yang kebutuhannya terus meningkat,” tuturnya.

Dia menegaskan, selama ini swasta ragu membangun minihidro karena tidak ada yang menyerap daya itu. “Jadi kembali saya tegaskan, PLN siap menampung daya dari minihidro yang dihasilkan swasta.

Pengusaha swasta silakan bangun minihidro yang hasil pengamatan PLN berpotensi di 14 titik di Sumut,” katanya. Dengan adanya minihidro dan pembangunan pembangkit lainnya seperti PLTA Asahan 3, diharapkan pada 2012 atau 2013, Sumut bisa bebas dari biarpet listrik.

 

http://metrosiantar.com/index2.php?option=com_content&task=view&id=35089&pop=1&page=0&Itemid=67

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: