Highway Pertama Dibangun di Sumut, Percepat Akses Pariwisata dan Ekonomi Kawasan Dataran Tinggi Danau Toba

Mei 20th, 2010

Medan (SIB) Pertama kalinya jalan bebas hambatan atau Highway akan dibangun di Sumatera Utara sepanjang lebih kurang 90 kilometer yang melintasi tiga wilayah Kabupaten meliputi Deli Serdang, Tanah Karo dan Simalungun. Realisasi pembangunan highway itu mulai dianggarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum (PU) dalam APBN 2010 untuk detail engineering design atau detail desain teknik.

Pembangunan highway yang rencana anggarannya secara multi years itu sebagai jalan poros membuka akses ekonomi pertanian dan pariwisata daerah-daerah di kawasan dataran tinggi Danau Toba.

Hal itu diungkapkan anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba,SH,MM kepada wartawan di Bandara Polonia Medan, Rabu (19/5) sesaat akan bertolak ke Jakarta bersama rombongan dari Pempropsu dan elemen masyarakat terkait untuk bertemu dengan Menteri PU Joko Kirmanto di Jakarta. “Kita bersama-sama dengan Bappeda Propsu akan bertemu dengan Menteri PU di Jakarta hari ini. Waktu pertemuan dengan Menteri di Kantor DPD RI beberapa bulan lalu kita sudah menyampaikan rencana ini dalam rangka mensukseskan Pesta Danau Toba dan arus kunjungan wisatawan di kawasan Danau Toba di masa-masa mendatang,” kata Parlindungan.
Menurut Purba, visibility study untuk rencana highway itu sudah dibuat pemerintah pusat, kemudian disusul dengan pembuatan detail engineering desain yang dianggarkan dalam APBN 2010.

Highway itu, lanjut Parlin, nantinya melalui kawasan seluas 2000 meter persegi yang di dalamnya merupakan daerah-daerah yang selama ini menjadi kantong-kantong produksi pertanian.
Daerah-daerah itu katanya selama ini terisolir karena akses jalan yang digunakan moda angkutan penumpang maupun barang selama ini tidak melintasi daerah itu baik melalui jalan negara Medan-Tebing Tinggi-Siantar-Parapat maupun jalan lingkar Medan-Kabanjahe-Merek-Parapat. “Kalau ini jadi, banyak multiplier effectnya. Satu sisi bisa mengurai kemacetan akibat penumpukan di jalan lintas Medan-TebingTinggi-Siantar dan Medan-Kabanjahe-Merek. Kemudian, highway itu bisa melintasi wilayah pedalaman di tiga kabupaten yang dilalui itu sehingga aspek ekonomi bisa terbuka. Kemudian highway itu nanti untuk jalan pariwisata. Karena bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Medan menuju Parapat menjadi 1,5 jam dari kondisi saat ini lebih kurang 3 jam,” katanya. Selain itu lanjut Parlindungan, rencana wilayah yang dilalui higway itu topographinya lebih landai, minim tikungan tajam dan jurang-jurang. Jalan lintas Medan-Tanah Karo kata dia sangat rawan macet karena sulit dilalui truk-truk akibat sempitnya jalan, banyak tikungan tajam dan jurang-jurang. “Kita berharap, pemerintah dalam hal ini Departemen PU segera menyiapkan anggaran agar cepat terealisasi. Bisa saja proyeknya dianggarkan secara multi years dua atau tiga tahun yang penting akan ada akses jalan pariwisata dan pertanian yang lebih cepat dan nyaman,” katanya.

Sumber: http://hariansib.com/?p=123041

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • Josua Peranginangin  On Senin, 13 Agustus, 2012 at 1:18 PM

    Perekonomian daerah hanya akan bisa berkembang pesat jika jalur transportasi bagus. Danau Toba, Berastagi (K Jahe) adalah daerah potensi wisata KLAS DUNIA. Saya sudah melihat perbandingan sebagai dengan daerah daerah wisata dibelahan dunia lain seperti beberapa daerah wisata di Japan, Hongkong, Malaysia, Thailand..maka Toba dan Berastagi sama sekali tidak kalah (kalau tidak mau bilang lebih bagus)… Jika Akses tol tersebut dapat direalisasi segera, maka Perekonomian daerah seperti Tanah Karo (produsen Sayuran Bermutu dan Agrobusiness) akan meningkat pesat, dan juga menjadi tujuan wisata terpenting di Indonesia dan di dunia…yakinlah…go Indonesia, go North Sumatera…jangan cuma sibuk cari sumber minyak dan emas…di depan mata sdh ada “sumbe” yang setara dengan itu…tinggal di poles saja …

  • berry  On Minggu, 23 Mei, 2010 at 8:56 AM

    semoga cepat pembangunannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: