Sinyal Orba terlihat di PD?

Thursday, 27 May 2010

WASPADA ONLINE

MEDAN – Politisi dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro (Ibas), yang juga putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan salah satu calon tunggal sekretaris jenderal (sekjen) Partai Demokrat (PD). Selain itu, Ani Yudhoyono, dikabarkan akan menjadi kandidat calon Presiden PD dalam pemilihan umum Presiden tahun 2014 mendatang.

Hal ini, sangat jelas terlihat jika ada sinyal era orde baru (Orba) yang sarat akan aroma nepotisme dalam era kepemimpinan Presiden Bambang Yudhoyono (SBY). Karena calon-calon yang direncanakan untuk memimpin posisi-posisi penting dalam partai dan negara nantinya merupakan anggota keluarganya. 

Menanggapi hal itu, analis politik dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Achmad Riza Siregar, mengatakan hal-hal itu jelas menggambarkan jika ada praktek nepotisme dalam hal ini, karena orang yang membesarkan PD adalah SBY.

“Pasti ada praktek nepotisme dalam hal ini. Yang membesarkan Demokrat kan SBY, pastilah dia akan mewariskan tahtanya pada keluarganya,” ujar Riza kepada Waspada Online, malam ini. Menurut Riza, sejak awal sudah bisa ditebak jika awal mula diperkenalkannya, Ibas, ke kancah perpolitikan merupakan salah satu rencana yang dibuat SBY untuk mewarisi tahtanya kepada putra bungsunya itu.

Pernyataan senada juga diucapkan analis politik dari Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat, yang mengatakan nepotisme merupkan tindakan yang tidak bisa dihindari. Karena hal ini selalu ada tidak hanya di masa pemerintahan SBY dan Orba, namun praktek seperti ini ada di seluruh negara. “Nepotisme memang selalu ada di setiap negara, namun dalam hal ini, aromanya terlalu terkesan,” ujar Cecep.

Dikatakan Cecep, dalam hal ini praktek nepotismenya lebih menonjol ke dalam partai, namun tidak bisa dipungkiri hal ini nantinya akan merambat. Karena pada awalnya diperkenalkan melalui partai, lalu mengisi berbagai posisi penting dipemerintahan.

“Nepotisme di PD terjadi di dalam partai politik,” tandasnya. Berbagai tanggapan itu dibantah secara tegas oleh politisi dari PD, Soetan Bhatoegana. Dia mengatakan, hingga saat ini dia sama sekali tidak mendengar kabar jika, Ibas, dicalonkan oleh PD untuk menjadi Sekjen PD. Begitupula, Ani Yudhoyono, yang kabarnya akan dijadikan calon Presiden pada 2014 mendatang.

Dikatakan Soetan, perihal ada praktek nepotisme dalam PD, hal ini sama sekali tidak benar. Ini hanyalah wacana-wacana yang bisa mempengaruhi tanggapan masyarakat terhadap PD, dan keadaan di PD yang sejak dahulu hingga saat ini solid.  

“Hal ini sama sekali tidak benar. Demokrat merupakan partai milik kader dan rakyat, bukanlah partai milik keluarga,” tegas Soetan.

Soetan mengatakan, namun siapapun nantinya yang akan terpilih, sebagai seorang kader dari PD, dia (Bhatoegana-red) akan mendukung  penuh orang tersebut.

“Siapapun nantinya calon dari Demokrat yang terpilih untuk jadi Sekjen akan saya usung. Namun perihal pencalonan Ibu Ani, sama sekali tidak benar, karena Demokrat sendiri belum membahas hal itu, karena Pilpres kan masih jauh. Yang jelas sama sekali tidak ada praktek nepotisme dalam Partai Demokrat” jelasnya.

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=118136:sinyal-orba-terlihat-di-pd&catid=77:fokusutama&Itemid=131

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: