MA Perintahkan PN Sibolga, Sidangkan Kembali Kasus Rotan Oknum Ketua DPRD

Kamis, 22 Juli 2010

SIBOLGA-METRO; Mahkamah Agung (MA) memerintahkan Pengadilan Negeri (PN) Sibolga untuk menyidangkan kembali kasus rotan yang dimiliki oknum SG, yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng).

Informasi ini dihimpun METRO dari sejumlah masyarakat yang sudah kasak-kusuk membicarakan terkait turunnya putusan Mahkamah Agung tersebut ke Pengadilan Negeri Sibolga. Menurut informasi, oknum SG pernah disidangkan karena diduga terlibat dalam pengambilan rotan tanpa izin resmi dari pemerintah pada tahun 2005 lalu. Namun kasus tersebut sempat “tertunda” dengan alasan surat dakwaan dinyatakan batal demi hukum.

Kemudian kasus tersebut dibawa ke tingkat Pengadilan Tinggi, hingga ke MA. Dan akhirnya MA memutuskan agar Pengadilan Negeri Sibolga kembali menyidangkan kasus tersebut.

Di tempat terpisah, Humas Pengadilan Negeri Sibolga, Rightmen Situmorang SH saat ditemui METRO di ruang kerjanya, Rabu (21/7) membenarkan bahwa Pengadilan Negeri Sibolga sudah menerima perintah untuk menyidangkan kembali kasus yang melibatkan oknum SG yang menjabat sebagai Ketua DPRD Tapteng periode 2009-2014 tersebut.

Menurutnya, Putusan MA yang diterima Pengadilan Negeri Sibolga menyebutkan poin pertama dakwaan Jaksa memenuhi syarat sesuai dengan tuntutan hukum yang berlaku. Dan poin kedua yakni melanjutkan pemeriksaan perkara.

Lebih jauh ia menjelaskan, Pengadilan Negeri Sibolga sudah menyurati pihak kejaksaan untuk melaksanakan persidangan dengan menghadirkan para saksi dan terdakwa. “Kita sudah menyurati pihak kejaksaan, namun sampai saat ini persidangan belum dilakukan,” tandasnya seraya mengatakan dalam dakwaan, oknum SG didakwa melanggar UU Nomor 41 Tahun 1999 pasal 78 ayat (3) jo Pasal 50 ayat (3) huruf e tentang Kehutanan dan ketentuan-ketentuan pasal dalam KUHPidana.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/MA_Perintahkan_PN_Sibolga_Sidangkan_Kembali_Kasus_Rotan_Oknum_Ketua_DPRD

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: