PDIP Terbuka bagi Semua Calon

Monday, 16 August 2010

TAPANULI TENGAH (SI) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) membuka peluang bagi siapa saja yang ingin maju dalam pilkada dengan membawa bendara partai ini.

Ketua DPC PDIP Tapteng Jamarlin Purba menyatakan, PDIP akan transparansi atau terbuka bagi semua bakal calon (balon) pada pendaftaran pencalonan Bupati- Wakil Bupati Tapteng mendatang. Jamarlin menyatakan hal ini saat rapat pembahasan agenda pilkada sesuai surat KPU Tapteng pada Sabtu (14/8). Rapat dihadiri sejumlah pengurus teras DPC PDIP di Sekretariat Kantor Jalan Pandan-Padangsidimpuan, Kelurahan Sibuluan I,Kecamatan Pandan. Jamarlin Purba juga meminta seluruh pengurus, terutama kepada panitia penjaringan bakal calon yang akan dibentuk DPC PDIP, supaya membuang kepentingan pribadi.Namun,terbuka menerima semua siapa pun saat pendaftaran penjaringan bakal calon.

“Kalau ada empat calon yang mendaftar melalui partai PDIP, baik itu kader partai maupun yang bukan kader partai, semuanya harus diterima dan diseleksi sesuai persyaratan yang temaktub dalam peraturan perundang-undangan,”tuturnya. Secara khusus Jamarlin meminta Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Politik agar segera menyusun hal-hal yang terkait penjaringan,di antaranya pembentukan panitia penjaringan dan penetapan jadwal pendaftaran balon. Lalu, pembentukan tim verifikasi persyaratan balon dan menyiapkan jadwal rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) untuk menentukan siapa calon yang akan disampaikan dan ditentukan pusat nantinya.

“Yang terlebih penting, bidang politik segera menyusun strategi pemenangan,”tandasnya. Wakil Ketua DPC PDIP Patrisius Rajagugguk menambahkan, dia berharap dan menekankan kepada seluruh pengurus dan kader supaya berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan calon yang diusung PDIP pada Pilkada 2011 nanti. “Kami tidak akan toleran kepada kader partai yang tidak mematuhi instruksi/garis partai. Jadi, apa yang telah ditetapkan DPP PDIP nanti sesuai hasil usulan kita setelah rakercabsus, harus didukung dan diperjuangkan bersama,” ujarnya.

Terkait penjaringan,Patrisius menambahkan, agar bakal calon harus mampu memenuhi persyaratan sesuai persyaratan pendaftaran yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. “Namun di,luar dari peraturan persyaratan dalam perundang-undangan itu, yang terpenting setiap calon harus bersedia mematuhi platform partai. Soalnya, kami tidak ingin PDIP Tapteng hancur di masa mendatang,”pungkasnya. Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin maju dalam pilkada untuk mengambil formulir pendaftaran.

Pengambilan formulir telah dibuka sejak 8 Agustus dan berakhir 9 September 2010 mendatang. ’’Ini masih tahap awal. Selanjutnya, KPU akan menggelar rapat lanjutan. Sementara itu, pilkada akan dijadwalkan pada 12 Maret 2011 mendatang,’’ tutur Ketua KPU Tapteng Kabul Lumbantobing melalui anggotanya dari Divisi Hukum dan Humas Maruli Firman Lubis. Firman menyatakan, mereka segera membentuk KPPS dan KPPK di masing-masing kecamatan.

’’Pada awal September mendatang, KPU Tapteng akan membentuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) di setiap kecamatan di Tapteng. Selanjutnya,mereka membentuk panitia pemungutan suara (PPS) pada akhir September.Untuk pemutakhiran data pemilih, KPU Tapteng akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) pada awal Oktober,’’ paparnya.

Namun,sejauh ini sejumlah nama bakal calon bupati sudah mencuat, di antaranya Dina Riana br Samosir (istri Bupati Tapteng Tuani Lumbantobing), MA Effendi Pohan, Bonaran Situmeang (pengacara di Jakarta), Albiner Sitompul (mantan Dandim 0211/TT),Edison Simbolon (Wakil Wali Kota Bengkulu), dan Dimpu Lumbantobing (Ketua BNK Tapteng yang masih aktif di kepolisian).

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/345110/

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: