Cabup Tapteng Minimal Diusung 5 Kursi

Jumat, 03 September 2010

Jalur Independen Minimal 19.370 Suara

TAPTENG-METRO; Untuk dapat mendaftar secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapteng, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tapteng dari jalur partai politik untuk Pemilukada Tapteng 12 Maret 2011 mendatang, wajib mendapatkan dukungan sekurang-kurang 15 persen dari jumlah kursi DPRD Tapteng. Atau setara dengan 5 kursi DPRD Tapteng.

“Para balon Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang akan mendaftar ke KPUD harus memenuhi persyaratan perolehan dukungan sekurang-kurangnya 15 persen dari 30 kursi di DPRD Tapteng, yakni empat setengah kursi yang dibulatkan ke atas menjadi 5 kursi. Atau 15 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan anggota DPRD Tapteng,” kata Ketua KPUD Tapteng, Kabul Lumbantobing, melalui anggota KPUD Tapteng yang membidangi Divisi Hukum dan Humas, Maruli Firman Lubis SH, saat dikonfirmasi METRO di Pandan, Kamis (2/9).

Persyaratan itu, lanjutnya, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada pasal 4 ayat 1 huruf (a) dan (b).

Lebih lanjut dijelaskan Firman Lubis, suara sah pada Pemilu Legislatif tahun 2009 lalu di Kabupaten Tapteng sebanyak 129.137 suara. Jadi, 15 persen dari 129.137 suara sah Pileg tingkat Kabupaten Tapteng adalah 19.370 suara.

“Bagi balon bupati dan wakil bupati Tapteng yang akan mendaftarkan diri ke KPUD Tapteng dari jalur independen harus memenuhi syarat dukungan 19.370, atau bagi calon dari jalur parpol sebanyak 5 kursi di DPRD Tapteng. Hal ini sesuai yang diamanatkan undang-undang, baik melalui jalur partai politik (parpol) maupun melalui gabungan parpol parlemen dan non parlemen,” katanya.

Untuk balon bupati dari jalur independen, dukungan minimal 19.370 dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). “Fotokopi KTP sebagai bentuk dukungan bagi calon perseorangan atau independen yang nantinya akan diverifikasi KPUD Tapteng kepada pemilik KTP bersangkutan, apakah benar mendukung balon. Jika tidak benar, balon bersangkutan akan dicoreng. Balon baru dapat resmi ditetapkan sebagai calon bupati, jika sudah dapat memenuhi jumlah dukungan sesuai yang ditentukan,” tukasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, 30 kursi yang ada di DPRD Tapteng terdiri dari 13 kursi Partai Demokrat, 4 kursi Partai Golkar, 3 kursi Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI-Marhaenisme), 2 kursi Partai Amanat Nasional (PAN), 2 kursi Partai Perjuangan Indonesia Baru (PIB), 2 kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), 1 kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 1 kursi Partai Pemuda Indonesia (PPI), 1 kursi (PKPB), dan 1 kursi Partai Gerindra.

“Dengan jumlah 13 kursi Partai Demokrat dari 30 kursi yang ada di DPRD Tapteng, bisa dikatakan hanya Partai Demokrat yang dapat mengantarkan satu pasangan balon bupati dan wakil bupati ke KPUD Tapteng tanpa berkoalisi. Selebihnya, setiap Parpol wajib berkoalisi untuk dapat mendaftarkan pasangan balon bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

Ditambahkan Firman Lubis, sebagai tahapan Pemilukada Tapteng 2011, KPUD Tapteng akan melakukan pengumuman pendaftaran pasangan calon dan pengambilan formulir pendaftaran bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Tapteng selama dua hari, yakni mulai tanggal 8 sampai 9 November 2010. “Selanjutnya, KPUD Tapteng akan membuka pendaftaran pasangan calon dan penyerahan surat pencalonan beserta lampirannya selama 7 hari, yakni mulai 10-16 November 2010 oleh partai politik atau gabungan partai politik serta pasangan calon perseorangan,” tandasnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Cabup_Tapteng_Minimal_Diusung_5_Kursi_

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: