Balon Wajib Unggul di Survey LSI, Diimbau Rajin Turun ke Masyarakat

Kamis, 16 September 2010

TAPTENG-METRO; Para bakal calon Bupati/Wakil Bupati Tapanuli Tengah, yang serius ingin bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tapanuli Tengah Maret 2011, diimbau rajin-rajin turun langsung ke masyarakat. Karena peluang mereka untuk diusung oleh partai-partai politik yang mereka ‘lamar’, tergantung pada hasil survey yang akan dilakukan oleh tim Lembaga Survey Indonesia (LSI) dari pusat.

“Penentu layak tidaknya salah satu balon untuk diusung partai Golkar pada Pilkada Tapteng 2011 mendatang, adalah survey yang dilakukan tim LSI, langsung kepada masyarakat Kabupaten Tapteng. Untuk itu diimbau kepada para kandidat yang benar-benar serius maju, agar lebih banyak turun langsung ke masyarakat. Karena itu akan menjadi nilai tambah bagi balon bersangkutan,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Tapteng, Darma Bakti Marbun, didampingi Sekretaris Henry J Hutagalung, Bendahara Amirjan Situmeang, serta Ketua Tim Penjaringan, Puspa Aladin Sibuea, dan Humas Makmur Pakpahan, kepada METRO di Kantor DPD II Golkar di Jalan Padangsidimpuan Pandan, Tapteng, Rabu (15/9).

Sebelumnya, DPC PDI-P Tapteng juga mengungkapkan hal senada. Mereka mengatakan, setelah melalui sejumlah tahapan penjaringan pasangan calon bupati yang akan diusung PDI-P, sejumlah nama yang dianggap memenuhi kriteria akan disurvey oleh lembaga survei. Siapa yang paling kuat di akar rumput dan siapa yang memiliki konsep yang jelas untuk menyejahterakan rakyat, berpeluang kuat untuk diusung.

Kembali ke DPD Golkar Tapteng, menurut Darma Bakti Marbun, sistem penjaringan yang dilakukan partai Golkar adalah membuka peluang sebesar-besarnya kepada para balon, baik itu dari kader Golkar atau non kader. Selanjutnya, para balon yang mendaftar akan disurvey oleh tim LSI dari pusat, untuk mementukan siapa yang paling layak diusung Partai Golkar pada Pilkada Tapteng 2011.

9 Balon Sudah Mendaftar

Sementara itu, sejak pengambilan formulir sekaligus pendaftaran dibuka oleh DPD II Partai Golkar Tapteng, sebanyak 9 Balon Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2011-2016, sudah mengambil formulir ke partai berlambang Pohon Beringin tersebut.

Kesembilan balon tersebut masing-masing H Syukran J Tanjung SE, Dina Riana br Samosir, Edison Simbolon, Drs Pulung Hutabarat AK MM, Albiner Sitompul, Raja Bonaran Situmeang, Ir H MA Effendy Pohan MSi, Drs Dimpu L Tobing SH MM, dan M Sitanggang SE. “Kesembilan balon itu sudah mengambil formulir ke DPD II Partai Golkar Tapteng, dan tidak tertutup kemungkinan masih ada lagi yang ingin mengambil formulir. Karena jadwal pengambilan formulir sekaligus pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 23 September 2010 mendatang hingga pukul 00.00 WIB,” terangnya.

Informasi yang mereka terima, Jumat besok, akan ada pasangan yang mengembalikan formulir sekaligus resmi mendaftarkan diri ke Golkar.

Puspa Aladin selaku Ketua Tim Penjaringan menambahkan, jika 9 balon bupati dan wakil bupati yang sudah mengambil formulir itu nantinya resmi mendaftarkan diri ke partai Golkar, maka tim penjaringan akan melakukan verifikasi terhadap berkas para balon, dengan langsung turun ke lapangan mengecek kebenaran.

“Setelah berkas para balon diverifikasi, maka DPD II Partai Golkar hanya berhak mengajukan 5 nama pasangan balon ke DPP Partai Golkar, dengan tembusan ke DPD I Partai Golkar Sumut untuk dilakukan survey. Survey itu menjadi penentu pasangan mana yang ditetapkan untuk diusung partai Golkar pada Pilkada Tapteng 2011,” tukasnya.

Sesuai Juklak Partai Golkar, 4 bulan sebelum pelaksanaan Pilkada, pasangan balon yang akan diusung sudah ditetapkan untuk didaftarkan ke KPUD Tapteng.

Siap Berkoalisi

Terkait persyaratan dukungan sebanyak 15 persen dari suara sah Pemilu 2009 atau sebanyak 5 kursi di DPRD Tapteng, Partai Golkar mengaku siap berkoalisi dengan partai lain, untuk dapat mengusung pasangan balon secara resmi menjadi calon bupati dan wakil bupati ke KPUD Tapteng, untuk menjadi peserta Pilkada Tapteng.

“Dengan memperoleh 4 kursi di DPRD Tapteng, Partai Golkar siap berkoalisi dengan partai lain untuk mendaftarkan pasangan balon yang akan diusung, ke KPUD. Meski demikian, Golkar tetap optimis dapat memenangkan pasangan balon yang diusung, dengan menggerakkan seluruh potensi partai sebagai mesin politik. Hal ini sesuai paradigma baru Golkar, ‘Suara Golkar, Suara Rakyat’, d imana Golkar adalah partai mandiri dan dinamis yang selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Agar Partai Golkar dapat dihargai dan dihormati balon yang akan diusung pada Pilkada Tapteng, Partai Golkar menawarkan komitmen atau kontrak politik kepada para balon. Karena target utama Partai Golkar adalah keluar sebagai pemenang Pemilu 2014 mendatang.

“Pada formulir pendaftaran, kita telah selipkan sejumlah kontrak politik untuk para balon, yang intinya untuk membesarkan Partai Golkar sesuai hasil Munas VIII Partai Golkar di Pekanbaru beberapa waktu lalu. Yakni menargetkan Partai Golkar sebagai pemenang pada Pemilu 2014 mendatang,” tandasnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TAPANULI/Balon_Wajib_Unggul_di_Survey_LSI_Diimbau_Rajin_Turun_ke_Masyarakat

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: