Biaya Pemilukada Tapteng Belum Ditampung di APBD

Jumat, 17 September 2010

TAPTENG-METRO; Sesuai jadwal yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tapanuli Tengah akan berlangsung tanggal 12 Maret 2011. Ironisnya, hingga kini biaya Pemilukada Tapteng tersebut belum jelas, karena tidak ada ditampung di APBD Tapteng Tahun 2010, sementara P-APBD 2010 pun hingga kini belum juga dibahas oleh DPRD Tapteng.

Anehnya lagi, KPU Tapteng saat ini sudah melaksanakan tahapan Pemilukada, yaitu pengumuman persyaratan Balon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independent, penjaringan dan penetapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hal inilah yang dipertanyakan oleh DPD Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Tapteng.

“Kita dari BM PAN dan juga mungkin seluruh masyarakat Tapteng bingung, Pemilukada hanya tinggal 6 bulan lagi sesuai dengan jadwal KPU, tetapi hingga kini dana yang nantinya akan dipakai untuk biaya pelaksanaannya tak jelas. Sesuai dengan UU No 32 tahun 2004, dana Pemilukada ditampung di APBD yang bersangkutan, sementara di APBD Tapteng tahun 2010, dana Pemilukada Tapteng tidak ada ditampung, P-APBD Tapteng tahun 2010 hingga kini juga belum dibahas di DPRD. Anehnya, KPU Tapteng saat ini tetap melaksanakan tahapan-tahapan Pemilukada. Nah, dana pelaksanaan tahapan Pemilukada yang sekarang ini dari mana asalnya?” ujar Sekretaris Umum DPD BM PAN Tapteng Putra Hutagalung SE saat ditemui METRO di Sekretrariat BM PAN Tapteng, Jalan Sudirman Pandan, Kamis (16/9).

Lebih lanjut dikatakan, selain telah menimbulkan kebingungan dan keraguan di kalangan masyarakat, apakah pelaksanaan Pemilukada Tapteng akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, KPU juga telah menimbulkan kecurigaan masyarakat terhadap independensi KPU Tapteng.

“Masyarakat wajar curiga, dana kok belum ada tapi tahapan tetap berjalan. Jangan-jangan dana tahapan Pemilukada ini ‘dipinjami’oleh ‘sponsor’ yang tentunya punya kepentingan dalam Pemilukada Tapteng yang akan datang. Oleh karena itu, kita dari BM PAN Tapteng mengimbau kepada KPU Tapteng untuk secepatnya mengklarifikasi hal ini dengan menjelaskan asal dana sementara yang mereka gunakan dalam pelaksanaan tahapan Pemilukada selama ini. DPRD Tapteng juga seharusnya mempertanyakan persoalan ini kepada KPU Tapteng sebagai tugas mereka selaku wakil rakyat,” tukasnya.

Menurut Putra, hal itu sangat perlu dipertanyakan, agar tidak menimbulkan image negatif terhadap KPU Tapteng yang nantinya malah menimbulkan gejolak-gejolak dalam pelaksanaan Pemilukada. “Karena bagaimanapun saya yakin dan percaya, seluruh masyarakat Tapteng pasti berharap, Pemilukada Tapteng nantinya akan berlangsung aman, damai, jujur, dan adil. Sehingga siapapun nantinya yang akan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng adalah benar-benar orang yang dipilih dan dipercaya masyarakat untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini,” ujarnya yang juga merupakan Wakil Ketua DPC LSM Pijar Keadilan Tapteng ini.

Selain itu, Putra Hutagalung juga mengimbau kepada KPU Tapteng untuk bersikap jujur dan selektif dalam memilih para anggota PPK yang nantinya akan menjadi tulang punggung mereka dalam melaksanakan Pemilukada.

“Kita berharap perekrutan PPK dilakukan secara selektif dan jujur, bukan tergantung ‘pesanan’ salah satu kelompok. Pilihlah orang-orang yang memiliki kemampuan, kejujuran, keberanian, dan komitmen yang tinggi terhadap tugasnya. Karena bagaimanapun, PPK adalah salah satu ujung tombak suksesnya pelaksanaan Pemilukada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Tapteng Kabul Tobing saat dikonfirmasi METRO melalui selularnya mengatakan, dana Pemilukada Tapteng 2011 akan ditampung dalam P-ABPD Tapteng tahun 2010 yang telah diajukan ke Pemkab Tapteng.

“Besaran dana Pemilukada yang akan ditampung pada P-ABPD Tapteng tahun 2010 sebesar Rp9,996 miliar yang sudah diajukan ke Pemkab Tapteng. Mengenai belum dibahasnya P-ABPD tahun, sebenarnya KPUD Tapteng saat ini masih melaksanakan tahapan persiapan seperti melaksanakan perekrutan PPK, karena ada dua jenis tahapan, yakni tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan,” jelasnya.

Mengenai harapan perekrutan PPK dilakukan secara objektif dan jujur bukan tergantung pesanan, sebelumnya Kabul Tobing mengatakan, menjamin seleksi PPK Pemilukada Tapteng 2011 tidak ada titipan dalam arti seleksi PPK dijamin akan berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

“Apabila nantinya ada calon PPK yang konplin, karena dinyatakan tidak lulus seleksi, kami dari KPUD Tapteng akan menunjukan hasil ujian seleksi yang telah diikuti oleh calon PPK Pemilukada 2011, karena kami menjamin seleksi PPK ini akan berjalan dengan baik dan sesuai prosedur,” tandasnya.

Sumber:http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/Biaya_Pemilukada_Tapteng_Belum_Ditampung_di_APBD

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: