Pemilih Tapteng 210.912 Orang

Selasa, 12 Oktober 2010

TAPTENG-METRO; Jumlah pemilih potensil sesuai dengan data yang diserahkan Kantor Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Tapteng ke KPU sebanyak 210.912 orang. Jumlah ini terdiri dari pemilih lelaki sebanyak 105.074 orang dan pemilih perempuan 105.838 orang. Sementara itu, data jumlah pemilih saat Pemilihan Presiden lalu yang diperoleh dari KPU Tapteng hanya 198.224 orang.

Demikian data DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensil Pemilu) Kepala Daerah Tapteng tahun 2011-2016 yang diperoleh dari Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana serta data pemilih Pilpres pada dari KPUD Tapteng, Senin (11/10).

Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Tapteng, Budiman Ginting SH melalui Kabid Catatan Sipil dan Kependudukan, Tunggul Siregar menerangkan, sesuai database kependudukan yang mereka miliki dan peroleh dari 20 kecamatan yang ada di Tapteng, jumlah pemilih potensil sebanyak 210.912 orang. “Data tersebut kita serahkan kepada KPU Tapteng pada tanggal 1 Oktober 2010 lalu,” kata Tunggul Siregar.

Disebutkan Tunggul Siregar, pihaknya sebenarnya telah mempunyai data DP4 sesuai jadwal tahapan KPU pada tanggal 13 September 2010 lalu, namun karena data tersebut masih harus disempurnakan, maka data tersebut rampung dan diserahkan ke KPU Tapteng pada tanggal 1 Oktober. “Agar sebagian data DP 4 bisa disesuaikan dan dikerjakan pihak KPU Tapteng, kita telah menyerahkan sebagian data tersebut ke KPU Tapteng sesuai jadwal tahapan KPU Tapteng pada tanggal 13 September lalu,” jelas Tunggul Siregar sembari menyerahkan copian data lengkap yang ditandatanganinya atas nama Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana kepada METRO menurut per kecamatan dan desa/kelurahan yang ada di Tapteng.

Menurut rincian data potensil pemilih sesuai DP4 tersebut, jumlah pemilih potensil terbanyak dari 20 kecamatan yang ada di Tapteng menurut masing-masing kecamatan terdapat di Kecamatan Pandan sebanyak 31.421 orang. Sedangkan jumlah potensil pemilih yang terkecil terdapat di Kecamatan Sukabangun hanya sebanyak 1.881 orang. Sementara jumlah potensil pemilih terbanyak menurut desa/kelurahan terbanyak di desa Hajoran Kecamatan Pandan sebanyak 5.682 pemilih dan jumlah pemilih terkecil terdapat di desa Meladolok Kecamatan Tapiannauli dengan hanya jumlah pemilih potensil sebanyak 58 orang.

Masih menurut Tunggul Siregar, jumlah DP 4 tersebut adalah sesuai “database” yang mereka miliki dan dianggap telah memenuhi syarat sebagai penduduk sesuai ketentuan yang berlaku yang berdomisili di Tapteng.

“Kalaupun ada penduduk yang berdomisili di Tapteng, namun tak memiliki persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai penduduk sesuai database yang kita miliki, maka tak masuk ke “database” kita dan kita anggap belum sebagai penduduk Tapteng. Contohnya, walaupun ada penduduk yang telah lama berdomisili di Tapteng, namun tak terdaftar sebagai penduduk, karena tak mendaftar di desa atau kelurahan, karena tak mempunyai surat pindah,” kata Kabid Kependudukan dan Catatan Sipil itu.

Hanya saja, lanjut dia, tentang yang berhak sebagai pemilih nantinya merupakan hak dan wewenang KPU sesuai dengan ketentuan dan perundang undangan yang berlaku.

Secara terpisah, Ketua KPU Tapteng Kabul Lumbantobing melalui Sekretaris KPU Tapteng S Nainggolan membenarkan telah menerima data DP4 dari Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Tapteng. “Hanya saja data tersebut masih berupa data potensil yang masih harus dicek dan ricek di lapangan. Pihak kita melalui masing-masing PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemilihan Suara) masing-masing kelurahan dan desa akan mencek dan ricek data tersebut langsung ke lapangan. Selain itu, ada petugas yang disebut dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang diangkat oleh PPS untuk mencek dan ricek data DP4 dan disesuaikan dengan data yang pemilih yang ada di lapangan termasuk data pemilih saat Pemilu Presiden yang lalu.

Para Petugas PPDP ini direkrut dari petugas KPPS yang pernah bertugas di TPS saat Pemilu yang lalu, yang akan mulai bertugas pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2010 mendatang. Dari data yang telah dicek dan ricek oleh PPDP ini nantinya maka akan diperoleh Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan diumumkan kepada masyarakat luas sesuai jadwal yang kita rencanakan pada tanggal 10 November hingga 30 November selama 21 hari,” beber Sekretaris KPU Tapteng S Nainggolan.

Disebutkannya juga, karena adanya perkiraan pertambahan jumlah pemilih Pemilukada yang akan datang dibandingkan dengan jumlah Pemilih pada Pilpres lalu, tentunya jumlah TPS (Tempat Pemungutan suara) juga akan bertambah.

“Kalau pada Pilpres yang lalu jumlah TPS yang ada sebanyak 505 TPS, maka dengan adanya perkiraan pertambahan jumlah pemilih pada Pemilukada Tapteng yang akan datang, maka direncanakan akan ada pertambahan TPS,” pungkas S Nainggolan sembari menyebutkan pertambahan TPS itu akan diketahui setelah pemutakhiran data awal oleh PPS/PPDP.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TAPANULI/Pemilih_Tapteng_210.912_Orang

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: