Eks Terminal Sibolga Dibongkar, Warga Ketiban Rezeki

Sabtu, 06 November 2010

SIBOLGA-METRO; Ada suasana dan pemandangan lain di teminal Bus Sibolga, Jumat (5/11). Kalau biasanya, terminal bus dikerumun pengunjung yang hendak bepergian ke luar daerah dan sebaliknya, tetapi kali itu sejumlah warga Pancuran Gerobak berduyun-duyun mengambil besi beton bekas dari bongkahan gedung eks terminal lama.

Salahseorang warga S Sinaga, kepada METRO, Kamis (4/11) malam, mengatakan, pembongkaran eks gedung terminal lama dilakukan oleh Pemko Sibolga. Dengan adanya pembongkaran itu, ia melihat adanya peluang rezeki. Dia pun selanjutnya mengerahkan anggotanya untuk turun ke lokasi, bergotong-royong untuk mengambil besi bekas dari bongkahan gedung eks terminal lama.

Sinaga, yang mengaku kesehariannya berjualan di Pasar Nauli Sibolga, menyebutkan, yang datang ke lokasi bukan hanya mereka, tetapi warga sekitar juga ikut melakukan hal yang sama. “Kan lumayan. Harganya sekira Rp2.300 per kilogram. Hingga saat ini saja, kami telah mengumpulkan besi beton bekas sebanyak 300 kilogram,” katanya.

“Namun karena keterbatasan kemampuan, ia mengungkapkan, kebanyakan warga sekitar yang ikut mengambil besi beton dari reruntuhan gedung kes terminal ini,” kata Sinaga, diaminkan rekannya bermarga Panggabean.

Sinaga optimis, dari reruntuhan bangunan eks terminal lama itu mereka akan menemukan besi beton bekas dalam jumlah lumayan banyak. “Perkiraan kami, sekira 1 atau 2 ton besi bekas. Karena bangunan zaman dulu, tak seperti bangunan sekarang. Kalau dulu, untuk membangun sangat banyak membutuhkan besi beton, agar kokoh,” terka Sinaga.

Amatan METRO, walau cuaca saat itu tak menentu, terkadang mendung, hujan gerimis dan kadang terik matahari, tak menyurutkan semangat warga untuk berlomba mengambil besi beton bekas. Ada yang berupaya memecahkan bongkahan beton untuk mengambil besinya, ada juga yang berupaya menggergaji besi beton agar lebih mudah dipisahkan dari sejumlah sambungan yang agak bengkok dan tak beraturan itu.

Selain warga, di sana juga terdapat satu unit alat berat yang digunakan untuk mruntuhkan bangunan berlantai 2 yang dibangun sekitar tahun 1970-an itu.

Sumber: http://metrosiantar.com/SIBOLGA_NAULI/Eks_Terminal_Sibolga_Dibongkar_Warga_Ketiban_Rezeki

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: