Pemkab Didesak Bangun PTN di Tapteng

Senin, 29 November 2010

TAPTENG-METRO; Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) hingga saat ini termasuk salah satu kabupaten yang belum memiliki sebuah perguruan tinggi negeri. Padahal setiap tahunnya jumlah siswa SMA sederajat yang menamatkan sekolahnya dan ingin melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi di perkirakan bisa mencapai seribuan lebih. Melihat potensi ini, sudah selayaknya Pemkab Tapteng membangun sebuah perguruan tinggi di Tapteng.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Forum Sarjana Perintis, Penggerak dan Pemerhati Pembangunan (FORSA P4) Sibolga Tapteng, Hendra S Hutagalung SH kepada METRO di Pandan, Minggu (28/11).

Hendra mengatakan, di Tapteng memang sudah sangat layak terdapat sebuah Universitas Negeri yang akan menampung para lulusan SMA sederajat dari Tapteng yang setiap tahunnya mencapai ribuan orang. Apalagi, saat ini animo masyarakat Tapteng terhadap pendidikan, khususnya pendidikan setingkat Diploma dan Sarjana, sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa asal Tapteng yang saat ini kuliah di luar daerah, seperti di Medan, Padang, Pekan Baru dan di Jawa.

“Memang di Tapteng sudah layak dibangun sebuah universitas negeri yang dapat menampung ribuan tamatan SMA sederajat dari Tapteng pada setiap tahunnya. Apalagi animo masyarakat terhadap pendidikan lanjutan ini sangat besar. Ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa asal Tapteng yang saat ini kuliah di kota-kota besar di luar daerah,” jelas Hendra.

Alumni Fakultas Hukum UNRI ini menambahkan, selain untuk menampung para tamatan SMA sederajat asal Tapteng, keberadaan universitas negeri ini nantinya akan membuka berbagai peluang perekonomian bagi masyarakat, seperti tempat kost, foto copy, warung, took, dan lain-lain. Ini sudah terbukti dengan kota-kota yang mempunyai universitas negeri di daerahnya. Dan menurutnya, hal ini juga sejalan dengan Konsep Tapanuli Growth yang dicanangkan oleh Pemkab Tapteng dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Saya optimis, jika universitas negeri di bangun di Tapteng, roda perekonomian masyarakat tentu akan meningkat dari berbagai sector. Lihat saja Padang, Jogja, Bandung yang perekonomiannya banyak bergantung kepada para mahasiswa luar kota yang sedang kuliah di daerah tersebut. Atau minimal universitas ini akan mengurangi jumlah pengeluaran Tapteng ke luar daerah setiap bulannya melalui para mahasiswa. Coba bayangkan saja kalau dari Tapteng saat terdapat 1.000 orang mahasiswa yang kuliah di luar daerah, setiap bulan minimal mereka membutuhkan Rp.500 ribu per orang dari orang tuanya. Bayangkanlah pengeluaran Tapteng per bulan yang dibuang keluar daerah. Coba kalau ini dimanfaat kan di Tapteng, dan mungkin pula akan bertambah dari mahasiswa yang datang dari luar Tapteng, ekonomi masyarakat pasti akan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai fasilitas awal, Pemkab Tapteng untuk sementara dapat meminjam gedung Yayasan Matauli yang saat ini terlihat banyak yang kosong, baru kemudian dicari tempat strategis untuk membangun universitas negeri tersebut.

“Menurut kami, pengadaan universitas negeri di Tapteng merupakan salahsatu kebutuhan yang sangat mendesak dan perlu segera direalisasikan. Kami yakin dan percaya, masyarakat Tapteng akan sangat mendukung hal ini. Mengenai anggaran pembangunannya, kan bisa dianggarkan dari APBD secara bertahap selama beberapa tahun. Pemkab juga bisa meminta bantuan dari pusat melalui APBN atau APBD Provinsi. FORSA P4 juga siap untuk mencari sponsor jika diminta. Dan kami yakin, para putra-putra Tapteng yang berhasil di perantauan akan mau membantu pembangunan universitas negeri ini. Karena bagaimanapun juga, semua itu adalah untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan SDM di Tapteng,” pungkas alumni SMAN 2 Plus Matauli Tapteng ini mengakhiri.

http://metrosiantar.com/METRO_TAPANULI/Pemkab_Didesak_Bangun_PTN_di_Tapteng_

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: