205 Balon Kades [se-Tapteng] Ikuti Ujian Tertulis

Sabtu, 12 May 2012 11:28
PANDAN-Sebanyak 205 bakal calon kepala desa (balon kades) yang berasal dari 71 Desa di Kabupaten Tapanuli Tengah mengikuti ujian tertulis di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Jumat (11/5). Ujian ini dilaksanakan oleh Pembina Teknis Pilkades 2012 Tapteng, yang dimaksudkan sebagai persyaratan untuk dapat menjadi calon kepala DESA apabila dinyatakan lulus.

Ujian ini dilakukan dengan dua sesi. Dimana sesi pertama dengan 20 soal multiple chois yang dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Kemudian untuk sesi kedua, sebanyak 20 soal essay yang dimulai dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan bahan soal ujian adalah pengetahuan umum, Pancasila dan perundang-undangan.

Ketua Pembina Teknis Pilkades 2012 Tapteng, Alfoncius R Purba SH MM didampingi Wakilnya Drs Antonius Simanjuntak mengatakan, ujian ini dilakukan untuk memenuhi syarat sebagai calon kades, dimana setelah ujian yang dilakukan hari ini, akan dilanjutkan dengan ujian pemeriksaan kesetiaan kepada Pancasila, Undang-undang Dasar dan Negara Republik Indonesia pada hari Senin (14/5) di Kantor Badan Kesbang Tapteng.

Tidak tertutup kemungkinan apabila hasil ujian telah dikalkulasi dan dinyatakan tidak lulus dalam ujian ini, maka akan dinyatakan gugur, dan tidak dapat mengikuti pemilihan kades yang rencananya akan diadakan tanggal 1 sampai 10 bulan Juli nanti. “Setiap balon kades wajib mengikuti ujian ini, termasuk pemeriksaan kesetiaan, atau dulu dikenal dengan litsus. Apabila setelah dikalkulasi hasil ujiannya, dan ternyata dikatakan tidak lulus, maka secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti pemilihan kades,”ungkap Alfoncius.

Dikatakannya, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2006 tentang tata cara teknis Pemilihan Kepala Desa, maksimal anggota calon suatu desa 5 orang, tetapi masih ada juga dari beberapa desa yang anggota balonnya melebihi 5, bahkan ada yang sampai 7 orang balon. Terpisah, Wakil Bupati Tapteng Sukran J Tanjung SE menyempatkan diri meninjau pelaksanaan ujian ini.

Dalam tinjauan ini dikatakannya, bahwa ujian ini untuk melihat sampai dimana wawasan dan pengetahuan seorang balon kepala desa. Karena menurutnya, seorang kepala desa adalah ujung tombak pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Maka dari itu, sebagai seorang kepala desa nantinya harus bisa menjadi perpanjangan tangan Pemerintahan Tapteng.

Sumber; http://www.metrosiantar.com/arsip/index.php/Tapteng-Sibolga-Nauli/205-balon-kades-ikuti-ujian-tertulis

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: