Bangun 184 Desa di Tapteng PNPM Kucurkan Rp50,8 M

Selasa, 24 Juli 2012 09:40
PANDAN-Pemkab Tapteng tahun ini mendapat kucuran dana sebesar Rp50,8 miliar dari
PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan). Dana tersebut nantinya diperuntukan untuk perbaikan infrastruktur dan percepatan kemakmuran warga di 184 desa yang ada di Kabupaten Tapteng.

Demikian dikatakan Satker (Satuan Kerja) PNPM Mandiri Kabupaten Tapteng Sitinjak, Senin (23/7). Menurutnya, PNPM Mandiri untuk Tapteng tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yang memprioritaskan pembangunan desa, terutama menyangkut kepentingan masyarakat pedesaan.

“Manfaat pembangunan pedesaan terutama menyangkut masyarakat desa, merupakan upaya pemerintah pusat untuk mempercepat proses pembangunan di desa, terutama dalam upaya membangun infrastruktur vital bagi masyarakat di pedesaan, seperti jalan, listrik, sarana air bersih serta perkuatan modal bagi masyarakat,” ujarnya. Lanjutnya, dari keseluruhan pelaksanaan PNPM Mandiri di Tapteng semuanya berjalan dengan baik. Hal ini menjadikan alokasi dana untuk Tapteng tetap dipertahankan.

“Pada umumnya pelaksanaannya dapat berjalan baik. Jika kita turun ke desa, tentunya kita dapat melihat dan menikmati pembangunan di pedesaan yang dapat mendukung kemakmuran masyarakat desa. Semoga tahun ini pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan kembali berjalan baik dan benar,” harapnya.

Dikatakannya, jika pelaksanaan PNPM Mandiri bermasalah di sebuah desa, maka untuk tahun-tahun berikutnya, tentu desa tersebut tidak akan mendapat alokasi lagi. “Secara umum di Kabupaten Tapteng tahun 2012, hampir seluruh desa mendapat kucuran dana PNPM Mandiri. Dimana proyek ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. Namun demikian partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, karena PNPM Mandiri adalah dari, oleh dan untuk masyarakat,” pungkasnya.

Menurut salah seorang warga Tapian Nauli, L Simatupang (35), yang ditemui Senin (23/7), mengaku bahwa manfaat proyek PNPM Mandiri pedesaan sangat membantu masyarakat. “Desa kami saja yang ada di Kecamatan Tapian Nauli dulunya tidak ada aliran listrik, dan jalan. Namun dari PNPM itu kami sudah menikmati semua,” tuturnya.

Sumber: http://www.metrosiantar.com/arsip/index.php/Tapteng-Sibolga-Nauli/bangun-184-desa-di-tapteng-pnpm-kucurkan-rp508-m

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: