Indahnya Air Terjun Siringgare [Dolok Bunga – Sirandorung]

Rabu, 25 Juli 2012 09:52
SIRANDORUNG- Mungkin belum banyak orang tahu Sampuran Siringgare. Air terjun berair jernih setinggi sekitar 25 meter ini terletak di Dolok Bunga, Desa Pardomuan, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapteng. Di hari libur, Sampuran Siringgare selalu dikunjungi wisatawan lokal. Selain kejernihan airnya, panorama alam sekitar sampuran juga menyegarkan mata. Ditambah udaranya yang sejuk.

Uniknya, di tebing yang mengelilingi air terjun itu, ada titik-titik tertentu yang kerap dijadikan pengunjung sebagai landasan melompat bebas ke kolam jatuhan air terjun. Ada yang dari ketinggian 1 meter, 5 meter, 10 hingga dari puncak air terjun. Kedalaman sampuran pun bervariasi, mulai dari 1 meter hingga 5 meter. “Kalau hari libur biasanya pengunjung agak ramai. Selain kaula muda, ada juga yang datang berekreasi bersama keluarga,” kata Yati br Simatupang, salahsatu pengunjung yang juga warga setempat, kemarin. Yati juga berpendapat, selain menjadi kawasan lintas alam, sungai Siringgare juga bisa dijadikan kawasan lubuk larangan atau tambak ikan tawar.

Sayangnya, belum ada akses jalan terbuka menuju lokasi. Maka untuk mencapai lokasi terpaksa harus menapaki jalan setapak berliku menyilangi alur sungai dan areal perkebunan warga sejauh sekitar 3 km. Siswi kelas 3 SMK Negeri 1 Sirandorung itu berharap, pemerintah daerah atau dinas pariwisata membangun akses jalan menuju lokasi. Atau ada inisiatif warga sekitar untuk bergotongroyong membuka jalur jalan yang lebih baik. Sebab, Siringgare juga bisa dijadikan salahsatu objek wisata alam Tapteng.
“Karena belum ada akses jalan umum yang memadai, kadang pengunjung kesulitan. Misalnya tiba-tiba hujan dan air sampuran naik, jalur sungai sulit untuk dilewati,” ujarnya. Yati menambahkan, sebenarnya ada satu lagi jalur alternatif menuju lokasi sampuran. Yakni dari Dusun Sirandorung, simpang tiga Lae Bingke. Jaraknya hanya sekitar 3 km dari jalan protokol Jalinsum Barus–Manduamas.

Sumber: http://www.metrosiantar.com/arsip/index.php/Tapteng-Sibolga-Nauli/indahnya-air-terjun-siringgare

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • M.Mungkur  On Minggu, 14 Juli, 2013 at 4:29 PM

    Tapi harus kita jaga kelestariannya, karena menurut informasi banyak Penduduk pendatang yang bermukim dihulu sungai ( Lae Bunga ) sudah tentu mereka menebangi Pohon-pohonan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: