Pemerintahan

Dusun Muara Tapus Minta Dimekarkan jadi Desa

Usulkan Bergabung ke Kecamatan Sirandorung

MANDUAMAS-METRO, 10 November 2008; Dusun Muara Tapus, di Kecamatan Manduamas yang terletak di bagian Barat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) atau sekitar 120 KM dari Pandan, adalah satu daerah terpencil dan tertinggal di kabupaten tersebut. Hingga saat ini belum ada akses jalan yang bisa dilewati kenderaan roda empat. Parahnya, aliran listrik belum masuk ke dusun berpenduduk sekitar 650 jiwa ini.

Letak Kota Manduamas sangat jauh dari Dusun Muara Tapus. Jarak yang ditempuh bisa dengan dua jalur yakni jalur laut dan darat. Jika melalui jalur laut dengan naik sampan atau Spead Boat bisa memakan waktu satu hingga satu setengah jam perjalanan. Sedangkan melalui jalur darat jarak tempuh sekitar 10 KM atau sekitar 1 jam perjalanan. Melihat kondisinya, banyak tokoh masyarakat dan warga setempat menganggap sudah sepantasnya Dusun Muara Tapus tersebut dimekarkan menjadi sebuah desa yang defenitif sekaligus bergabung dengan Kecamatan Sirandorung. Salahsatu tokoh masyarakat Dusun Muara Tapus yang beranggapan demikian adalah Hasan Limbong (56). Kepada METRO, pria paroh baya ini menerangkan, hingga saat ini Dusun Muara Tapus masih bergabung dengan Kelurahan Manduamas. Akibat jarak tempuh menuju kantor lurah sangat jauh, menyebabkan warga sangat kesulitan mengurus surat-surat bahkan urusan yang mendadak.

Sementara Puddin Sinaga, tokoh masyarakat lainnya didampingi beberapa warga menyebutkan, Dusun Muara Tapus sudah layak dijadikan sebuah desa yang defenitif mengingat jarak antara kantor Kelurahan Manduamas dengan dusun tersebut sangat jauh. Selain itu, faktor lain yang mendukung Dusun Muara Tapus menjadi satu desa yang defenitif sekaligus bergabung dengan Kecamatan Sirandorung Tapteng, yakni jumlah penduduknya sudah mencapai 100 KK (kepala keluarga) atau sekitar 650 jiwa, Di tambahkannya, usulan pemekaran Dusun Muara Taput menjadi sebuah desa yang defenitif dan bergabung dengan Kecamatan Sirandorung sudah beberapa kali diusulkan ke tingkat II, baik melalui Camat Manduamas maupun melalui rapat-rapat lainnya. “Kita sudah beberapa kali mengusulkan Dusun Muara Tapus ini supaya dimekarkan menjadi sebuah Desa yang defenitif, baik melalui Camat Manduamas maupun melalui rapat-rapat lainnya. Namun hingga saat ini belum ada realisasinya. Untuk itu saya atas nama masyarakat Muara Tapus sangat mengharapkan kepada Bupati Tapteng, Drs Tuani Lumban Tobing agar dapat menindak lanjuti usulan kami ini,” tegasnya.

 

Satu tanggapan untuk “Dusun Muara Tapus Minta Dimekarkan jadi Desa”

  1. Apakah pemkab tapteng peduli dengan kampung itu….????
    Janji slalu diberikan sewaktu kampanye setelah mendapat kn jabatan tidak pernah ingat akan desa itu
    apa pembkab tapteng tidak kasihan aka jeritan masyarakat muara tapus…..
    Mereka juga butuh listrik:..dikala mana belajar pada malam hari tidak kesulitan
    kami butuh bukti bukan janji

Tinggalkan komentar